1. A.   Mengenal Sasaran Pemahaman Individu

Sasaran yang dimaksud dalam pelayanan bimbingan dan konseling adalah individu/manusia. Dalam upaya mengenali/memahami sasaran tidak mungkin bisa mengenalinya sampai seratus persen. Mengapa? Karena individu/manusia adalah makhluk yang paling dinamis, setiap saat manusia berkembang dan berubah. Apa yang perlu dikenal dari setiap sasaran (individu)?

a. Mengenal pribadinya (hakekat individu dan kebutuhannya).

b. Mengenal masalah dan perkembangannya.

c. Mengenal reaksi individu dalam menghadapi masalah.

d. Mengenal cara individu dalam menghadapi masalah.

 

 

 

  1. B.   SUMBER DATA DAN INFORMASI INDIVIDU

Yang dimaksud dengan sumber data ialah pihak-pihak yang dapat memberikan keterangan yang diperlukan. Konselor dapat memperoleh data atau informasi mengenai konseli dari berbagai sumber. Sumber data pribadi konseli dibagi menjadi sumber data utama (primer) sampai sumber data pendukung (sekunder).

 
   

 

 
   

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari gambar tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Lingkaran nomor 1 adalah siswa atau konseli sendiri sebagai sumber data. Merupakan sumber data yang utama. Konselor dapat memperoleh data langsung dari tangan pertama, maka konseli sendiri disebut sumber data primer. Sedangkan sumber data selain konseli disebut sumber data sekunder.
  2. Lingkaran nomor 2 merupakan orang-orang yang paling dekat dan paling banyak bertanggung jawab terhadap siswa. Misalnya: orang tua, guru, wali kelas, dan sebagainya.
  3. Lingkaran nomor 3 merupakan orang-orang yang dekat dengan siswa tetapi tidak langsung bertanggung jawab. Misalnya: teman-teman, pengasuh, anggota keluarga, guru pada tingkat sebelumnya.
  4. Lingkaran nomor 4, data diambil dari orang-orang yang agak jauh hubungannya dengan siswa akan tetapi dapat memberikan keterangan, misalnya: tetangga, pegawai tata usaha, dokter, kepala desa, dan sebainya.
  5. Lingkaran nomor 5, data diambil dari lembaga-lembaga yang berada di luar lembaga pendidikan dan rumah tangga yang dapat memberikan keterangan tentang siswa, misalnya: rumah sakit,  kantor polisi, perkumpulan pemuda, organisasi, dan sebagainya.

 

 

 

  1. C.   Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Pengumpulan Data
    1. Reliabilitas dan Otentitas, dalam mengumpulkan data hendaknya dipertimbangkan mengenai ketetapan dan keaslian data.
    2. Relevansi, data yang dikumpulkan harus relevan dengan/sesuai dan berguna sehingga dimungkinkan untuk pemecahan masalah yang dihadapi siswa.
    3. Data yang diperoleh harus dapat dipertanggungjawabkan dan dipercaya.
    4. Perlu tidaknya diperluas sumber data guna mendapatkan data yang komprehensif (menyeluruh), terpadu.
    5. Dalam melakukan pengumpulan data harus menggunakan teknik pengumpul data yang telah dikuasai dan memang menjadi kewenangannya.

 D.  Jenis-jenis Data yang Perlu Dikumpulkan untuk Memahami Individu

    1. 1.      Identification data (personal)
    2. a.      Vital statistics
    3. b.      Self report
      1. 2.      Home-community data
        1. a.      Parents, siblings, and their activities
        2. b.      Socio economic and other environmental forces of community
        3. 3.      Health and physical growth data
          1. a.      History of childhood disease and immunizations
          2. b.      Growth data
        4. 4.      School history
          1. a.      Attendance history
          2. b.      Scholastic grades
          3. c.       Co-curricular activities
        5. 5.      Ability
          1. a.      Scholastic aptitude as measured by test
          2. b.      Teacher evaluation of ability
        6. 6.      Aptitudes
          1. a.      Special talents or skills
          2. b.      Aptitude test score
        7. 7.      Achievement
          1. a.      Test scores of scholastic achievements
          2. b.      Teacher evaluation of pupil
        8. 8.      Interest
          1. a.      Test scores
          2. b.      Interest indicated from hobbies and other activities
        9. 9.      Personality
          1. a.      Adjustment test scores
          2. b.      Sosiometruc scores
          3. c.       Anecdotal reports
        10. 10.  Out of school activities
          1. a.      Employment records
          2. b.      Youth and other group activities
        11. 11.  Plans of future
          1. a.      Educational plans
          2. b.      Vocational plans

 E.   Teknik-teknik untuk Memahami Individu

Teknik-teknik untuk memahami individu dikelompokkan menjadi dua yaitu teknik tes dan teknik non tes.